Tanya Jawab Tasua dan Asyura

Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah # 507

TANYA JAWAB TASUA DAN ASYURA

TANYA
Kang, nanti Shaum Tasua dan Asyura tahun ini (2012) kan hari Jumat dan Sabtu. Trus kan ada hadits yg melarang shaum di hari hari tsb, jd gmn tuh, bisa dijelaskan Kang? Nuhun.

JAWAB
Iya betul ada hadits tentang larangan tsb,

1. Larangan Puasa Hari Jumat
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : « لَا يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ » (متفق عليه)

Nabi saw bersabda, “Jangan kalian mengkhususkan berpuasa pada hari Jumat kecuali jika engkau juga berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Larangan Puasa Hari Sabtu
لاَ تَصُومُوا يَوْمَ السَّبْتِ إِلاَّ فِيمَا افْتُرِضَ عَلَيْكُمْ

“Janganlah engkau berpuasa pada hari Sabtu kecuali puasa yang diwajibkan bagi kalian”. [HR. Abu Daud no. 2421, At Tirmidzi no. 744, Ibnu Majah no. 1726]

Namun larangan ini berlaku bagi seseorang yg sengaja ingin berpuasa hari Jumat atau Sabtu saja tanpa sebab.

Nabi saw bersabda : “Jangan kalian mengkhususkan hari Jumat dari hari-hari lainnya untuk berpuasa kecuali jika bertepatan dgn waktu yg seseorang yg biasa berpuasa padanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dihadits ini jelas disebutkan tidak mengapa berpuasa di hari jumat dan hari lainnya (sabtu) apabila itu bertepatan dgn melaksanakan shaum shaum sunnah atau wajib. Seperti halnya Shaum Tasua dan Asyura nanti.

TANYA
Kalo Shaum 1 Muharam dan 1-9 Muharam itu ada gak Ɣαα°˚ust?
JAWAB
Gak ada shaum tsb karena haditsnya Palsu. Hadits yg mengatakan shaum tgl 1 Muharam terdapat rawi yg sering membuat hadits palsu yaitu al-Harawi dan Wahab (Al-Maudhu’at II:199). Sedangkan Hadits yg mengatakan shaum tgl 1-9 Muharam terdapat rawi pendusta yaitu Musa Ath-Thawil (Al-Fawaid almajmu’ah : 96).

Karena itu jgn mengamalkan puasa tsb karena akan tertolak sebab bukan berasal di Rasulullah Saw.
Salam!

copas dari KTQS

Leave a Reply