TENTANG SUJUD

TENTANG SUJUD

 

TANYA JAWAB TENTANG SUJUD

1 > Apa bacaan duduk diantara dua sujud sahwi tsb ustad?

•Bacaannya sama seperti bacaan sujud dalam shalat.

> Trims ya ustad…sebelum ini saya taunya sujud sahwi itu hanya dilakukan sekali aja, lalu salam. itu dr ustadzah yg ngisi pengajian RT, tp saya baru tau ini kalau sujud sahwi itu tetap dilakukan 2 kali spt sujud dlm solat.

• Oh gitu ya. Iya 2 kali sujud ini dalilnya.
“..Apabila salah seorang dari kalian tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, hendaklah dia bersujud dua kali dalam keadaan duduk”. (HR. Bukhari no. 1231 dan Muslim no. 389)

“…beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali, dan beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk”. (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

> Sip!skali lagi makasih ilmunya ustad……:)

• Siap

2 > Ht®nhn koreksinya,ternyata selama ini sy salah mengenai doa sujud sahwi,jd kira2 “Subhana man la yanamu wa la yashu (Mahasuci Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa).” Itu dari mana ?

• Saya kurang tau asalnya dari mana. Di kitab hadits manapun tidak ada, itu karangan orang saja, bukan dari Rasulullah Saw dan kita tidak boleh mengamalkannya.

3 > Jadi boleh baca doa apa saja dari alquran ato hadits selain bacaan sujud di setiap sujud shalat ya ust?

• Ya

> Saat sdg sholat kan tdk boleh menambah bacaan” lain? Bila sdg sujud, kita berdo’a dalam hati aja, gitu?

Tidak boleh menambahkan itu klo gak ada contohnya dr Rasul. Klo ada contohnya bhw boleh berdoa disujud, ya bukan menambahkan bacaan salat namanya, justru sunnah. Cara bacanya sama seperti baca doa sujud shalat.

 

Salam !

copas dari KTQS
———-

Leave a Reply