TATA CARA & KEUTAMAAN APABILA BERWUDHU SESUAI SUNNAH (1)

KTQS # 720

TATA CARA & KEUTAMAAN APABILA BERWUDHU SESUAI SUNNAH (1)

Ibadah Wudhu apabila dilakukan dengan sempurna sesuai tuntunan Nabi saw, maka akan mendatangkan keutamaan yang sangat banyak bagi pelakunya, di antaranya:

1. Akan meninggikan derajat

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:“Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa dan menaikkan derajat ?” Para shahabat menjawab: “Mau, wahai Rasulullah !” Beliau bersabda: ”Menyempurnakan wudhu pada saat-saat yang tidak disukai, memperbanyak langkah ke masjid dan menunggu sholat berikutnya setelah melakukan sholat. Maka itulah yang dinamai ribath (berjaga-jaga di garis perbatasan)”.

(Shahih. HR. Ahmad II/303 no.8008, Muslim I/219 no.251, Tirmidzi I/72 no.51, dan an-Nasa’i I/89 no.143).

Ribath adalah amalan berjaga-jaga di daerah perbatasan antara daerah kaum muslimin dengan daerah musuh. Maksudnya pahalanya disamakan dengan pahala orang yang melakukan ribath.

 

2, Pada hari Kiamat, orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna akan mendapatkan cahaya

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan, dan kaki yang bercahaya karena bekas-bekas wudhu mereka. Karenanya barangsiapa di antara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan”.

(Shahih. HR. Bukhari I/63 no. 136, dan Muslim I/216 no. 246)

 

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply