Pengantar Tentang Shalawat

 

kaligrafi Muhammad -doadankajianislami

Pengertian Shalawat

 

Menurut bahasa , arti shalawat adalah doa,rahmat Allah, berkah dan ibadah.

Secara terminologis, shalawat bermakna ” menyampaikan permohonan doa keselamatan dan keberkahan kepada Allah untuk Nabi Muhammad saw. dan yang membacanya akan mendapat pahala.”

Sewaktu belum mengerti, dulu dalam hatiku berkecamuk pertanyaan, mengapa Rasulullah saw didoakan atau dibacakan shalawat, padahal beliau sendiri  adalah makhluk terpilih yang senantiasa dijaga dari kesalahan, telah dijamin masuk surga?

Jawabannya terwakili oleh apa yang saya kutip dari sebuah buku,

1) Bahwa sesungguhnya Rasulullah saw sudah penuh dengan rahmat, berkah dan keselamatan dari Allah, sehingga kalau    diibaratkan dengan sebuah gelas, beliau sudah terisi penuh dengan air. Air yang dituang ke dalam gelas yang sudah penuh ,tentu luber, melimpah keluar. Sama halnya dengan rahmat, keberkahan an keselamatan Allah akanmelimpah ruah kepada orang-orang yang bershalawat kepada beliau.

2) Karena bershalawat adalah perintah Allah, membacanya merupakan ibadah dan akan memperoleh pahala.

Dalam Al Qur’an, Allah menyebutkan langsung perihal shalawat dalam QS Al Ahzab : 56 yakni

Innallaha wa malaaikatah yushalluuna ‘alaannabiyyi , yaa ayyuhalladziina aamanuu shalluu ‘alaihi wa sallimuu tasliiman

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian untuk Nabi dan sampaikanlah salam penghormatan kepada-Nya.

Dalam beberapa ayat lainnya, Allah memerintahkan shalat, tetapi Dia sendiri tidak shalat. Allah memerintahkan zakat, tapi Dia sendiri tidak berzakat. Allah memerintahkan haji, tetapi Dia sendiri tidak berhaji. Namun  untuk perintah bershalawat, Allah sendiri beserta para malaikat-Nya membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw. Sungguh mulia pengagungan Allah kepada Rasulullah saw.

Sudah sewajarnya kita sebagai umat Rasulullah saw memberi perhatian yang lebih aka hal itu, dan mau bershalawat kepada beliau.

Leave a Reply