TERTIDUR SAAT SHALAT JUM’AT

KTQS # 961

TERTIDUR SAAT SHALAT JUM’AT

 

Sebagian orang tertidur saat khutbah Jum’at, bagaimana cara kita membangunkan mereka? Karena khawatir kita yg membangunkannya menjadi sia sia ibadah shalat jum’atnya karena membangunkannya.

Dianjurkan untuk membangunkan mereka dengan perbuatan bukan dengan ucapan, sebab berbicara ketika khutbah tidak boleh, berdasarkan sabda Nabi saw,

“Apabila kamu berkata kepada sahabatmu pada hari Jum’at saat imam sedang berkhutbah: Diamlah! Maka kamu sungguh telah berbuat sia- sia”.

(Muttafaqun ‘alaih dari Abu Hurairah ra, Dikeluarkan Al-Bukhari pada Kitabul Jum’ah Bab Diam Pada Hari Jum’at Saat Imam Sedang Berkhutbah, no. 934)

Nabi saw menamakannya sebagai orang yang berbuat sia-sia ibadah shalat jumatnya, karena telah berkata-kata saat khatib berkhutbah.

Karena itu sesuai hadits diatas, lakukan membangunkan orang tertidur dgn cara disentuh tanpa berkata-kata.

 

Salam !
———-

copas dari KTQS

 

catatan:
HATI-HATI BERDOA :Hari Jum’at adalah waktu mustajab dijabah doa, maka manfaatkanlah untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Namun, berhati-hatilah berdoa sesuai pesan Rasulullah saw :

“Janganlah kalian mendoakan kejelekan untuk diri sendiri!, Janganlah mendoakan kejelekan untuk anak-anak kalian!, Janganlah mendoakan kejelekan untuk harta milik kalian!, Jangan sampai kalian (berdoa) dan tepat pada waktu yang ditentukan Allah untuk dikabulkan doa padanya, lantas doa kalian diwujudkan”.

(HR. Muslim no. 3009, dari Jabir bin Abdillah)

Leave a Reply