The foundation of everything is a good family (2)

KTQS # 957

The foundation of everything is a good family (2)

 

Mawaddah
Berlanjut ke kata yang selanjutnya yaitu Mawaddah yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Cinta.

Kecenderungan apabila keluarga sudah mencapai sebuah titik Sakinah, biasanya akan dapat dengan mudah diteruskan memiliki perasaan Cinta. Nah, penjabaran lebih mendalamnya adalah jika keluarga tersebut sudah merasakan ketentraman atau Sakinah maka keluarga tersebut sudah dapat dikatakan merasakan cinta yang sesungguhnya yaitu Mawaddah.

Warahmah
Yang terakhir Rahmah yang diambil dari sebuah nama Allah yaitu Arrahmah. Dimana dalam keluarga yang sudah mencapai level Sakinah dan Mawaddah akan diberikan Allah satu karunia lagi yaitu Rahmah.

Yaitu karunia kasih sayang yang lebih bersifat Ruhiyah atau Qalbiyah yang berasal dari hati. Bukan hanya sekedar rasa kasih sayang yang hanya keluar dari bibir dan hilang begitu saja.

Perbedaan Rahmah dengan Mawaddah yaitu Rahmah tidak lagi menilai sebuah kasih sayang itu berasal dari fisik dan juga lainnya, akan tetapi lebih kepada hal yang bersifat dari dalam hati atau yang sudah disebutkan diatas yaitu Ruhiyah dan juga Qalbiyah.

Jika sebuah keluarga sudah mencapai level ini bisa dipastikan kalau keduanya akan tetap saling menyayangi meskipun berbagai cobaan terus menghampiri mereka. Karena konsep kebahagiaan keduanya sudah mencapai sebuah titik yang namanya keimanan bersama.

Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran, dan mewujudkan tujuan untuk membentuk sebuah keluarga yang Sakinah, Mawaddah Warahmah. Aamiin

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply