UJIAN HIDUP

Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah # 522

UJIAN HIDUP

Di saat Allah memberikan ujian kepada seorang hamba dan di hadapinya dengan sabar, maka pada hakikatnya itu adalah rahmat dan karunia bagi hamba tsb.

Allah Swt berfirman, “Dan Kami memberikan cobaan kepada kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan”.

(QS Al-Anbiya 35)

Ibnu katsir berkata, “Makna ayat diatas, Kami menguji kalian terkadang dgn musibah dan kenikmatan, hingga Kami melihat siapa yg bersyukur dan siapa yg kufur, siapa yg sabar dan yg putus asa”.

Dgn ujian yg menimpa kita maka ini adalah suatu pelajaran yg sangat berharga, didalamnya mengandung Tauhid dan Iman yg nampak jelas dg perbuatan tatkala ujian itu datang. Adakah Tauhid kita bertambah, adakah Iman kita tambah?

Dgn ujian tsb kita sadar bahwa kita makhluk yg amat lemah, hamba yg tiada daya dihadapan kekuasaan Ar-Rahman Yg Maha Pengasih lagi Pengampun atas dosa kita.

Allah Swt berfirman,” Sungguh Kami menciptakan manusia berada dlm susah payah”.

(QS Al- Balad 4)

Dengan kepayahan ini hendaknya kita berbenah diri dan hati, utk menuju kebahagiaan yg kekal abadi.

Apa yang telah ditakdirkan-NYA tidak akan bertambah & berkurang. Tidak ada sesuatupun yg tidak mempunyai ketentuan takdir. “Sesungguhnya ALLAH berbuat apa yg DIA kehendaki”. (Al-Hajj:14)

“Tiada suatu bencanapun yg menimpa di bumi & (tdk pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dlm kitab (Lauh Mahfuzh) sbelum Kami menciptakannya”.
(Al-Hadid:22)

SYUKURI YANG BAIK & BERDO’ALAH JIKA DITIMPA COBAAN & RIDHALAH PADA SEGALA KETENTUAN-NYA.

Salam !
copas dari KTQS

Leave a Reply