Wanita Muslimah Bertanggung Jawab Atas Anggota Keluarganya

 

Wanita Muslimah Bertanggung Jawab Atas Anggota Keluarganya ∼

Dalam mengarungi ‎‎kehidupan rumah tangga, seorang wanita muslimah tidak kalah berat dari laki-laki dalam memikul tanggung jawab anggota keluarganya ‎di hadapan Allah.
Bahkan terkadang tanggung jawabnya lebih besar, dikarenakan dia mengetahui seluk beluk dan sepak terjang anak-anaknya dan yang lebih sering berada bersama mereka daripada suaminya.

Wanita muslimah merasakan tanggung jawab yg besar ini, terlebih ketika mendengar sabda Nabi saw :
“Dan wanita adalah pemimpin dalam ‎‎rumah tangga suaminya, dan dia akan ‎dimintai pertanggung jawabannya terhadap apa yang dia pimpin”. (Muttafaqun ‘Alaihi)
Sehingga perasaan tanggung jawabnya itu selalu mendorongnya untuk selalu memperhatikan anggota keluarganya, dan selalu membantu suaminya dalam mendidik anak-anaknya dan melayani suaminya dengan baik.
Wanita muslimah tidak akan terlalu sibuk ‎dengan berbagai aktifitasnya, namun dia akan fokus dalam rumahnya untuk memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anaknya.
Namun tentunya tidaklah salah apabila dalam hal nafkah, sang suami tidak mencukupi dan sang istri mempunyai kemampuan untuk membantu, juga bagi wanita yang memiliki keahlian khusus, untuk berdakwah, berjihad, dll. Apalagi tentunya bagi wanita yang single parents.
Menetapnya wanita ‎dirumah adalah suatu kebaikan, karena dengan demikian dia telah mentaati Allah swt dalam firman-Nya :
“Dan hendaklah kamu (para wanita) tetap ‎di rumahmu, dan jangan berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliyah dahulu”.       (QS. al-Ahzab:33)

Oleh karena itu berbahagialah wahai para wanita yang tetap berada dalam ketaatan Rabbnya.
Quotes :
Belajar Kesabaran dari Asiah, Kesetiaan dari Khadijah, Kesucian dari Maryam, Keikhlasan dari Aisyah, Ketabahan dari Fathimah

 

Salam!

Copas dari KTQS

 

 

tanggung jawab wanita muslimah

Leave a Reply